Connect with us

Politik

Legislator minta proyek SPAM pasigala terus dilanjutkan

Published

on

Beritacelebes.com, Palu – Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhidin M Said menyatakan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang mendistribusikan kebutuhan air bersih di Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Sigi (Pasigala) akan terus dilanjutkan.

“Saya sudah katakan, baik kepada menteri dan Dirjen, bahwa proyek tersebut bisa diteruskan dan dilanjutkan, jangan nanti ada masalah baru berhenti, kalau ada masalah soal hukum silahkan dilanjutkan,” katanya usai menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2018 di Kota Palu, Kamis.

Legislator Partai Golkar daerah pemilihan Sulawesi Tengah itu menjelaskan dari 600 liter per detik yang direncanakan, masih 160 liter per detik yang terealisasi. Dirinya telah melakukan konsultasi dengan sejumlah pihak dan ada beberapa masalah kecil yang harus dibenahi.

“Proyek itu tidak bisa berhenti, karena menyangkut kepentingan rakyat, untuk kebutuhan dua kabupaten dan satu kota,” ujarnya.

Bagi Muhidin, jika ada masalah, apalagi terjadi masalah hukum, silahkan ditegakkan, namun proyek ini harus berjalan terus.

“Kami sangat ingin daerah ini maju, seluruh program yang memberikan dampak positif bagi daerah dan bagi rakyat itu kita bantu,” ungkap Muhidin.

Beberapa waktu lalu, Forum Pemuda Peduli Daerah (FPPD) Sulteng mempertanyakan tindak lanjut proyek SPAM Pasigala yang telah dikerjakan sejak 2009 dan telah menelan anggaran ratusan miliar namun hingga kini belum beroperasi.

Berdasarkan perjanjian kerjasama antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten pada salah satu Diktumnya menyebutkan SPAM Pasigala akan difungsikan pada tahun 2016.

“Namun kenyataannya hingga 2018 ini, SPAM Pasigala belum juga beroperasi,” kata Ketua FPPD Sulawesi Tengah, Eko Arianto.

Eko menjelaskan, dasar perjanjian kerjasama antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota tertuang dalam dokumen perjanjian Nomor 24/NKB/D/2014, tertanggal 17 Desember 2014.

Salah satu diktumnya menyebutkan bahwa SPAM Regional Pasigala akan difungsikan pada tahun 2016, yang mana sumber airnya berasal dari air baku Sungai Saluki yang telah dibangun Direktorat Jenderal Sumber Daya Air melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi III (BWSS III), dari tahun 2009 sampai 2016.

Pembangunan proyek penyediaan air minum sudah berjalan sejak delapan tahun terakhir, namun pengoperasiannya tak kunjung dilakukan.

Menurutnya, anggaran pembangunan infrastruktur tersebut, selain dibiayai APBN melalui BWSS III, juga menyerap dana ratusan miliar dari APBD provinsi yang dikucurkan melalui Dinas Cipta Karya Sulteng dalam beberapa tahap pekerjaan sejak 2009 hingga 2016.

(Antaranews)

Nasional

RSPN Optimistis Gatot Nurmantyo Segera Mendapatkan Tiket Capres 2019

Published

on

By

Beritacelebes.com, Jakarta – Ketua Umum Relawan Selendang Putih Nusantara Rama Yumatha optimistis mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo segera mendapatkan tiket untuk maju sebagai calon presiden RI masa bakti 2019-2024. Hal ini disampaikan mengomentari isu beredarnya foto bekas Kasad itu di Trump International Hotel, Kamis, 5 Juli 2018. “Pak Gatot pernah bilang politik masih cair. Bisa saja keberadaan beliau di Trump Hotel untuk keperluan mendapat tiket pencapresan atau hanya berlibur bersama keluarga. Hanya pak Gatot Nurmantyo yang tau” ujar Rama.

Baca Juga : Masyarakat Sulteng Idolakan Gatot Nurmantyo Sebagai Capres RI

Komisi Pemilihan Umum memberi tenggat akhir kepada partai politik untuk mendaftarkan calon presiden dan wakil pada 10 Agustus mendatang. Menurut Rama sejauh ini pak Gatot sudah mendapat respons positif terkait dukungan partai politik yang ingin mendukungnya menjadi orang nomor satu di Tanah Air.

Partai politik kata Rama sedang menunggu waktu tepat untuk mengumumkan siapa-siapa bakal calon presiden dimajukan dalam pencapresan. Sejauh ini RSPN telah melakukan pendekatan ke beberapa partai. Beberapa di antaranya adalah PKS, PBB, Demokrat, dan Partai Berkarya.

Rama mengklaim relawan selendang putih Nusantara sudah melakukan langkah positif untuk memperbesar peluang Gatot meraih tiket capres. “Partai politik tentu sudah tahu jejak rekam positif pak Gatot di TNI. Ini menjadi bekal positif beliau mendapat tiket capres,” kata Rama. Pak Gatot sendiri sudah melakukan komunikasi politik dengan beberapa pimpinan partai politik. Salah satu di antaranya adalah Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan.
(MR)

Continue Reading

Nasional

Masyarakat Sulteng Idolakan Gatot Nurmantyo Sebagai Capres RI

Published

on

By

Beritacelebes.com, Palu – Dukungan untuk Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmatyo terus bergema di seantero Nusantara. Tak terkecuali di propinsi Sulawesi Tengah.

Figur Jenderal bintang empat ini kini menjadi idola baru bagi masyarakat Sulteng. Tak tanggung-tanggung, dukungan mengalir mulai dari kalangan kelas bawah hingga atas. Bahkan beberapa ormas dan relawan lokal siap melebur untuk berjuang bersama GN menjadi Presiden RI ke 8.

Hal ini terlihat dari hasil survey yang dilakukan oleh Celebes Center (CC) dibeberapa daerah di Sulteng. Figur GN tak hanya dikenali tapi juga diidolakan masyarakat.

“Kami melakukan survey terkait GN. Tak disangka selain figur Prabowo ternyata GN juga menjadi idola masyarakat Sulteng” kata Abdul Latif Direktur Komunikasi Publik CC saat ditemui redaksi beritacelebes.com diruang kerjanya (01/07/2018).

Abdul Latif juga menjelaskan bahwa GN adalah figur pesaing yang cukup kuat dalam Pilpres 2019. Elektabilitas GN di Sulteng kian menguat dari waktu ke waktu. Semakin banyak obrolan warung kopi yang membahas soal pencalonan Jenderal yang dekat dengan ulama ini. Dukungan pun datang dari seluruh daerah di Sulawesi Tengah.

“Kedekatan Jendral Gatot dengan ulama menjadi alasan utama masyarakat menyukainya. Selain tegas, catatan yang bersih dan kharismatik sang jenderal andalan begitulah istilah masyarakat di Sulteng menyebutnya” tuturnya.

Abdul Latif juga menambahkan bahwa dalam waktu dekat Relawan Selendang Putih Nusantara (RSPN) akan dideklarasikan. Ini adalah organisasi relawan yang didirikan untuk menyatukan gerakan seluruh pendukung GN se Indonesia dalam rangka mengusung GN sebagai Calon Presiden RI.

“ Sepengetahuan saya segera akan ada deklarasi RSPN perwakilan Sulteng. Keberadaan relawan yang berpusat di Jakarta itu akan mampu memperbesar dukungan GN sebagai Capres” tambahnya

Menurutnya keberadaan gerakan relawan yang terstruktur dapat menyolidkan pendukung GN di masyarakat. Dan ini patut diwaspadai oleh Capres lainnya. Sebab tak sedikit masyarakat Sulteng yang menginginkan GN sebagai calon Presiden.

Seperti yang kita ketahui Relawan Selendang Putih Nusantara adalah basis relawan yang selama ini aktif mendukung GN sebagai calon Presiden RI. Saat ini RSPN hampir terbentuk disemua propinsi di Indonesia.

Hal senada juga dikemukakan Zulkifli salah seorang relawan Selendang Putih Nusantara di Sulteng. Bahwa pencapresan GN menungu soal waktu.

“Semua tergantung komando DPP RSPN. Pokoknya kami didaerah siap mendukung dan memenangkan Jendral andalan yaitu Gatot Nurmantyo ” ucapnya menegaskan.
(MR)

Continue Reading

Politik

Gerindra Sulteng Deklarasi Prabowo sebagai Capres pada 1 April

Published

on

By

Beritacelebes.com, Palu – Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerakan Indonesia Raya Sulawesi Tengah segera mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden RI.

“Sesuai jadwal, deklarasi Prabowo Subianto sebagai calon presiden akan dilaksanakan pada Minggu, 1 April 2018 ini. Deklarasi akan kami gelar sekira pukul 19.30 WITA,” sebut Andi Risman, Kepala Kantor DPD Partai Gerindra Sulteng, Jumat, 30 Maret 2018.

Menurut Risman, deklarasi akan dihadiri oleh pengurus Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra dari 13 kabupaten dan kota se-Sulteng serta seluruh Pengurus DPD. Deklarasi pen-capres-an mantan Komandan Jenderal Korps Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat ini dipusatkan di Kantor DPD Partai Gerindra Sulteng, di Jalan Elang Nomor 77, Palu.

Ketua DPD Partai Gerindra Sulteng Longki Djanggola menyatakan dukungan kepada Prabowo Subianto untuk menjadi Capres RI merupakan keputusan seluruh pimpinan DPD, DPC dan aspirasi kader se-Sulteng.

“Deklarasi pencapresan Prabowo akan digelar oleh Pengurus DPD Partai Gerindra se-Indonesia di wilayahnya masing-masing. Dan untuk Sulteng kita pilih 1 April 2018 ini,” sebut politisi yang juga Gubernur Sulteng ini.

Di Sulteng, Partai Gerindra menjadi pemenang ke-2 pada Pemilu 2014 lalu. Gerindra berada di bawah Partai Golkar yang meraup suara 274.610 atau setara dengan 19,27 persen dari total suara sah 1.424.748 suara.

Sedang Gerindra memeroleh 182.217 suara atau setara dengan 12,78 persen.

Dengan modal itu, Gerindra Sulteng yakin dapat menyumbang suara bagi kemenangan Prabowo pada Pemilu 2019.

Adapun secara Nasional, Gerindra berada pada peringkat ke-3 setelah PDI Perjuangan dan Partai Golkar.

Pada Pemilu 2014, Gerindra meraup 14.760.371 suara atau setara 11,81 persen dari total perolehan suara sah di 33 provinsi sebesar 124.972.491 suara.

(Antaranews)

Continue Reading

Trending